HASIL PRAKTEK KERJA
A. Gambaran
Umum Perusahaan
PT. Telkom
Akses (PT.TA) merupakan anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk
(Telkom) yang sahamnya dimiliki sepenuhnya oleh Telkom. PT.TA bergerak dalam
bisnis penyediaan layanan konstruksi dan pengelolaan infrastruktur jaringan.
Pendirian PT.TA
merupakan bagian dari komitmen Telkom untuk terus melakukan pengembangan
jaringan broadband untuk menghadirkan
akses informasi dan komunikasi tanpa batas bagi seluruh masyarakat indonesia.
Telkom berupaya menghadirkan koneksi internet berkualitas dan terjangkau untuk
meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu bersaing di level dunia. Saat ini Telkom tengah
membangun jaringan backbone berbasis
Serat Optik maupun Internet Protocol
(IP) dengan menggelar 30 node terra router dan sekitar 75.000 Km kabel
Serat Optik. Pembangunan kabel serat optik merupakan bagian dari program
Indonesia Digital Network (IDN) 2015.
Sebagai bagian dari strategi untuk mengoptimalkan layanan nya, Telkom mendirikan
PT. Telkom Akses.
Kehadiran PT.TA
diharapkan akan mendorong pertumbuhan jaringan akses broadband di Indonesia. Selain Instalasi jaringan akses broadband, layanan lain yang diberikan
oleh PT. Telkom Akses adalah Network
Terminal Equipment (NTE), serta Jasa Pengelolaan Operasi dan Pemeliharaan
(O&M – Operation & Maintenance)
jaringan Akses Broadband.
B. Pekerjaan
yang dilakukan
Pekerjaan
yang dilakukan pada saat Pendidikan Sistem Ganda (PSG) adalah proses membuat
atau meng-create project yang ada di Proactive, dan kemudian dilanjutkan
dengan proses peng-update an project yang ada di Proactive. Selain itu juga membuat Surat Penetapan Pesanan dari
mitra, membuat Surat Kesanggupan, membuat surat Pesanan, membuat tagihan mitra,
membuat Surat Permohonan Uji Terima dan Permohonan Pengawas Lapangan, kemudian
pada saat di lapangan penulis melakukan terminasi dari ODC ke ODP, melakukan
uji terima, melakukan PSB @Wifi.id, melakukan pengukuran core yang ada di ODC menggunakan OPM.
C. Prosedur
Kerja
D. Permasalahan
yang dihadapi
1. Yang
sering terjadi nilai berbeda dengan perhitungan BoQ sistem di proactive dengan BoQ yang sebenarnya,
karena adanya item yang tidak
terhitung oleh BoQ sistem proactive.
2. Terkadang
dalam peng-create an gagal, karena adanya tanda 'yg membuat peng-create an
gagal'.
E. Pemecahan
Masalah
1.
Harus menelpon help desk proactive untuk
mengubah nilai agar nilai sama dengan BoQ sebenarnya. Helpdesk : 0213 278 6786 (ithelpdesk.ta@gmail.com)
2.
Harus memeriksa ulang BoQ yang di input jika ada huruf 'uraian
designator'.
3. Hindari penggunaan tanda baca ' karena tanda baca tersebut
mempengaruhi program.
4. Jika ada sheet
yang tidak terpakai lebih baik dihapus. Hanya sisakan sheet yang berisi BoQ.
5. Pastikan tidak ada sheet
atau row yang di hide, hapus
jika tidak diperlukan.
6. Pada file
pastikan nama witel hanya tercantum pada kolom witel untuk mengindari kesalahan pembacaan file BoQ.
7.
Teks yang
menunjukan Designator dan Uraian Pekerjaan hanya digunakan sebagai header,
jangan gunakan pada bagian lain di file
untuk mengindari kesalahan pembacaan file BoQ.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar